22 Januari 2014

Contoh Fauna Asiatis dan Penjelasannya

Contoh Fauna Asiatis dan Penjelasannya. Fauna Asiatis atau Hewan di daerah paparan Sunda meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Pulau-pulau di sekitarnya, mempunyai karakteristik fauna di Asia.

Contoh Fauna Asiatis dan Penjelasannya

Pada zaman es, daratan benua Asia terhubung dengan kepulauan Indonesia. Pada waktu itu kedalaman laut yang dangkal memungkinkan hewan-hewan berpindah ke paparan Sunda. Selat Makassar (laut yang terdapat diantara Kalimantan dan Sulawesi) serta selat Lombok (laut yang terdapat diantara Bali dan Lombok) menjadi pemisah dari Garis Wallace, yang merupakan batas dari daerah paparan Sunda. Berikut adalah contoh Fauna Asiatis dan Penjelasannya.

Mamalia
Fauna Asiatis dari jenis mamalia mempunyai spesies sekitar 515. Sekitar 173 diantaranya merupakan spesies endemik. Dari jenis mamalia, contoh Fauna Asiatis adalah Orangutan, Bekantan, Badak.

Burung
Berdasarkan Konservasi International, sekitar 771 spesies unggas merupakan Fauna Asiatis. Sekitar 146 spesies merupakan endemik daerah paparan Sunda. Pulau Jawa dan Bali memiliki lebih dari 20 spesies endemik, Jalak Bali dan Cerek merupakan salah satu contoh Fauna Asiatis. Berdasarkan data yang ada, jumlah jenis burung di Indonesia sekitar 1598 jenis. Hal ini membuat Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara dengan jumlah jenis burung terbanyak se-Asia.

Reptil dan Amfibia
Sekitar 449 spesies dari 125 genus reptil diperkirakan hidup di paparan Sunda. Sekitar 249 spesies dan 24 genus merupakan endemik di daerah ini. Sebanyak tiga famili reptil termasuk endemik di paparan Sunda: Anomochilidae, Xenophidiidae and Lanthanotidae. Dari famili Lanthanotidae terdapat earless monitor (Lanthanotus borneensis), kadal coklat Kalimantan yang hampir punah. Sekitar 242 spesies amfibia dalam 41 genus hidup di daerah paparan Sunda. Sekitar 172 spesies termasuk juga Caecilian dan enam genus adalah endemik.

Ikan
Sekitar hampir 200 spesies baru ditemukan di daerah paparan Sunda dalam jangka waktu sepuluh tahun terakhir. Sekitar 1000 dari spesies ikan hidup di sungai, danau, dan rawa-rawa. Kalimantan mempunyai jumlah sekitar 430 spesies, dan sekitar 164 merupakan endemik. Sumatra memiliki 270 spesies, sekitar 42 spesies merupakan endemi. Ikan arwana emas (Scleropages formosus) adalah contoh spesies ikan dari di daerah ini.

Di Indonesia terdapat tiga jenis fauna yaitu Fauna Asiatis, Australis dan Peralihan, untuk membaca lebih lanjut, silakan baca tentang Fauna Asiatis, Australis dan Peralihan disini. Semoga tulisan Adhitya Nugraha Novianta tentang contoh Fauna Asiatis dan Penjelasannya menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemilik blog mempunyai hak untuk menghapus komentar:
1. Kategori Pornografi;
2. Kategori SARA;
3. Kategori SPAM
4. Melanggar Peraturan Berlaku

1 / 3
2 / 3
3 / 3
Up