Sejarah Desa Ngumbulsari Gondowulung

Sejarah Desa Ngumbulsari Gondowulung – Krobokan, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Sejarah desa Ngumbulsari tidak bisa dilepaskan dari peran Murmo Diryo Lurah Desa Ngumbulsari. Desa Ngumbulsari wilayahnya meliputi Desa Tamanan sebelah tengah.

Dahulu terdapat beberapa nama daerah yang merupakan bagian dari Desa Ngumbulsari seperti Segaran Lor yang seperti danau karena dahulu terdapat sumber mata air yang terus mengalir. Di selatan Segaran Lor terdapat sebuah daerah yang diberi nama Jagalan, konon daerah tersebut digunakan untuk menyembelih hewan ternak. Di selatan Desa Ngumbulsari terdapat persawahan yang diberi nama Sekecu, karena di daerah tersebut terdapat Kuburan Kecu.

Sejarah Desa Ngumbulsari Gondowulung
Sejarah Desa Ngumbulsari Gondowulung

Pada sekitar Tahun 1946, Desa Ngumbulsari digabung dengan Desa Bantengan dan Desa Rejokusuman membentuk daerah baru dengan nama Desa Tamanan, Gondowulung. Berdasarkan PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PERDA DIY) NOMOR 1 TAHUN 1958 (1/1958) Tentang: Perubahan Batas Dan Nama Kapanewon-Kapanewon Imogiri, Gondowulung Dan Kotagede Dalam Kabupaten Bantul maka Desa Tamanan tidak lagi termasuk Gondowulung tetapi termasuk Kecamatan Banguntapan. Silakan baca juga: Murmo Diryo Lurah Desa Ngumbulsari. sumber ini penulis dapatkan dari cerita leluhur. (Adhitya Nugraha Novianta)

Pemilik blog mempunyai hak untuk menghapus komentar:
1. Kategori Pornografi;
2. Kategori SARA;
3. Kategori SPAM
4. Melanggar Peraturan Berlaku