Peta Kraton Mataram Kotagede

Peta Kraton Mataram Kotagede – Peta Keraton Mataram Kotagede Panembahan Senopati. Petilasan Kerajaan Mataram Kotagede yang masih dapat ditemukan hingga saat ini seperti makam para pendiri kerajaan, Masjid Kotagede, pasar, perkampungan, hingga reruntuhan benteng dan jagang yang masih dapat ditemukan di Kotagede.

Peta Kraton Mataram Kotagede
Peta Kraton Mataram Kotagede

Pasar Kotagede
Tata kota Kraton Mataram Kotagede menempatkan kraton, alun-alun dan pasar dalam poros selatan - utara. Pasar Kotagede sudah ada sejak jaman Panembahan Senopati hingga saat kini. Pasar Kotagede ramai setiap pagi legi dalam kalender Jawa. Bangunan Pasar Kotagede sudah direhabilitasi, tapi letak tidak berubah.

Kompleks Makam Pendiri Kerajaan
Berjarak sekitar 100 meter selatan Pasar Kotagede, terdapat kompleks makam para pendiri kerajaan Mataram Islam. Ketika menuju kompleks makam maka akan melewati 3 gapura sebelum menuju gapura bangunan makam. Setiap gapura terbuat dari pintu kayu yang tebal dan dihiasi ukiran. Untuk masuk ke kompleks makam harus mengenakan busana adat Jawa dan dilarang memotret.

Masjid Kotagede
Masjid Kotagede berada di kompleks makam. Masjid Kotagede memiliki arsitektur jawa, terdapat bedug di serambi masjid, masjid Kotagede merupakan salah satu peninggalan kerajaan Mataram.

Perkampungan
Terdapat beberapa perkampungan yang masih ada hingga sekarang, perkampungan tersebut berada disekeliling bangunan cagar budaya petilasan Kraton Mataram Kotagede, perkampungan tersebut antara lain Kampung Singosare, Kampung Mutihan, Kampung Purbayan, Kampung Jagalan, dll

Kedhaton
Sekitar 500 meter dari Masjid Kotagede, terdapat pohon Beringin berada tepat di tengah jalan dan bangunan kecil yang menyimpan "watu gilang", dalam bangunan tersebut juga terdapat "watu cantheng", tiga batu berbentuk bulat yang terbuat dari batu berwarna kekuning-kuningan. Masyarakat setempat menduga bahwa "bola" batu itu adalah mainan putra Panembahan Senapati tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa benda tersebut merupakan peluru meriam kuno.

Reruntuhan Benteng
Panembahan Senopati membangun benteng dalam (cepuri) dengan jagang (parit besar pertahanan yang mengelilingi kraton) Reruntuhan benteng setebal 4 kaki terbuat dari balok batu yang asli masih bisa dilihat di pojok barat daya dan tenggara. Sedangkan sisa parit pertahanan bisa dilihat di sisi timur, selatan, dan barat.

Semoga artikel berjudul Peta Kraton Mataram Kotagede bermanfaat, apabila akan dibuat footnote atau catatan kaki pada makalah, jurnal, karya ilmiah, skripsi dan tesis mohon dicantumkan: nama penulis, judul artikel, link dan tanggal diakses. Penulis: Adhitya Nugraha Novianta, silakan baca juga Bregada Prajurit Kraton Yogyakarta.

Pemilik blog mempunyai hak untuk menghapus komentar:
1. Kategori Pornografi;
2. Kategori SARA;
3. Kategori SPAM
4. Melanggar Peraturan Berlaku